Senin, 06 Nov 2023, 21:11:56 WIB, 79 View Widi, Kategori : MBKM

Ket Foto :


MBKM Unilak-Universitas Lancang Kuning (Unilak) Riau mengadakan Focus Group Discussion/diskusi kelompok terumpun (FGD) untuk program penyusunan 4 kegiatan pembelajaran MBKM, Kamis 5 Oktober 2023.

Adapun 4 kegitan MBKM yaitu Studi independen, Riset, Membangun Desa / KKN Tematik, Kampus/Asistensi Mengajar

FGD di buka oleh Wakil Rektor I Unilak Dr Zamzami MKom dengan menghadirkan narasumber guru besar IPB University Prof Dr Lailan Syaufina MSc dengan peserta sebanyak 30 dari Wakil Dekan I Kaprodi, dosen se Unilak, turut hadir Wakil Rektor III Unilak Dr Bagio Kadryanto SH MH, Koodinator PKKM Unilak Ambar Tri Ratnaningsih S Hut MSi, sebagai moderator Dr David Setiawan MT Kepala LPPM Unilak.

Pelaksanaan FGD terlaksana seiring dengan Unilak meraih hibah dan mengikuti program MBKM yang diadakan oleh Dikti. Dr Zamzami dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Prof Dr Lailan yang sudah hadir di Lancang Kuning. Prof Lailan sering ke Unilak, membantu dan pendampingan dalam berbagai program seperti MBKM, pelatihan dll.

"Saya apresiasi tim MBKM Unilak yang tetap semangat kerja keras, terus mengadakan kegiatan dalam rangka memajukan kampus Unilak yang kita sayangi ini. Saya harapkan dari kegiatan lanjutan ini mudah-mudahan apa yang kita inginkan apa tujuan kita dapat menjadi panduan kita dalam mewujudkan lulusan yang berkualitas dan unggul," ujar Dr Zamzami.

Sementara itu Prof Dr Lailan memberikan apresiasi kepada Unilak karena terus berkomitmen untuk melahirkan lulusan yang berkualitas, program MBKM ini adalah salah satu jalan nya.

"Pendidikan kita saat ini berpusat kepada mahasiswa, mahasiswa inilah yang akan kita bekali sampai mempuni, sehingga dapat berdapatasi dengan lingkungan,"

Dijelaskan Prof Lailan, dalam beberapa penelitian untuk kesuksesan seseorang jika dilihat unsur IQ tidak selalu menjadi penentu utama. Dalam penelitian IQ tinggi seseorang berada pada urutan 21 untuk kesuksesan, sedangkan unsur mahasiswa lulusan kampus top itu ada diurutan 23. Jadi jangan berkecil hati kalau mahasiswa kita tidak diterima di negeri. Maka harus terus didorong agar mereka sukses, justru dosen atau kampus yang akan membawa mereka menuju sukses.

"Kesuksesan tidak ditentukan oleh IQ, bahkan lulusan terbaik disekolah itu ada di urutan ke 30 dalam kunci menuju kesuksesan. Urutan satu untuk menuju kesuksesan itu pertama kejujuran, kedua disiplin, kerja keras, pandai bergaul (adapatasi) itu yang menentukan kesuksesan seseoerang pada urutan atas. " ucap Prof Lailan.

Dalam unsur pandari bergaul maka didalamnya ada unsur kolaborasi, kompetensi dan skill. Dengan adanya program MBKM, akan mendorong kampus lebih bisa mengasah mahasiswa, dan mempercepat pencapaian soft skill. ujar Prof Dr Lailan. (wid)



Mahasiswa Fahutan Unilak Juara 2 MTQ Riau ke XLI di Rengat
Kamis, 23 Nov 2023, 21:19:50 WIB, Dibaca : 384 Kali
Riau Raih Juara Umum Porwil Sumatra XI, 6 Mahasiswa Unilak Ikut Sumbang Medali
Kamis, 23 Nov 2023, 08:12:38 WIB, Dibaca : 434 Kali
Mahasiswa Unilak Harumkan Nama Riau di Pomnas Kalimantan Selatan, Sumbang Medali 2
Kamis, 23 Nov 2023, 08:10:42 WIB, Dibaca : 424 Kali

Tuliskan Komentar